xSiA Systems

| |
Visualisasi Layout Galangan | Laporan Mingguan (Weekly Report) | Monitoring Antrian Truk
EIS | Dynamic Visual Network | GIS | Sistem Pergudangan | SA
Email | Alamat Sekretariat

Teknologi

small logo

Dynamic Visual Network

Dynamic Visual Network adalah sistem informasi berbasis gambar untuk komunikasi secara visual, yang dapat diakses secara online via internet dari mana saja, kapan saja dan oleh siapa saja (yang memiliki hak akses). Saat ini aplikasi dari Dynamic Visual Network yang telah kami bangun adalah visualisasi layout galangan kapal dan pelabuhan, juga visualisasi layout toko buku.

Sharing Informasi secara Visual dan Online

Bandingkan informasi lokasi berbasis Text dan yang berbasis Gambar

"They say a picture's worth a thousand words !"

Lebih mudah memahami informasi lokasi dengan gambar dari pada dengan text (lihat gambar 1 dibawah ini). Misalnya pada gambar peta, dengan sepintas kita bisa memahami dekat atau jauh suatu objek terhadap objek lain. Atau hal lain lagi misalnya arah, luas, panjang, lebar, kepadatan dan kerenggangan atau hal lainnya yang berhubungan dengan ruang akan jauh lebih mudah dipahami dengan gambar.


Gambar 1. Contoh informasi lokasi yang berbasis text, dan yang berbasis gambar.

Gambar 2 dibawah ini memperlihatkan contoh beberapa teknik menampilkan informasi lokasi seperti peta, peta digital GIS (Geographic Information System), denah, dan layout dengan menggunakan gambar. Bayangkan jika informasi lokasi seperti gambar di bawah ini tidak menggunakan gambar melainkan hanya dengan text (misalnya berupa koordinat atau berupa kalimat yang menerangkan posisi atau lokasi, seperti sebuah alamat yang terlihat pada gambar 1), dengan text saja tentu tidak mudah memahami artinya secara geographis.


Gambar 2. Sebuah contoh menampilkan informasi lokasi dengan gambar.

Idealnya informasi lokasi adalah dinamis dan online via internet

Tentu akan lebih sempurna jika denah, layout atau peta ini dinamis dan dapat diakses secara online via internet. Lihat gambar 3 dibawah ini, idealnya semua pesawat terbang ditampilkan secara dinamis, selalu berubah-ubah posisinya sesuai keadaannya yang sesungguhnya. Selain dari itu, setiap pesawat terbang (juga objek lain yang dinamis) bisa menunjukkan informasi terkini tentang aktivitasnya di pelabuhan udara, dan semua informasi ini dapat dimonitor dari mana saja dan kapan saja oleh siapa saja yang berkepentingan (tentu untuk mereka yang memiliki otoritas).


Gambar 3. Denah dari bandara udara Narita Tokyo Japan. Idealnya gambar objek yang dinamis seperti pesawat terbang berubah-ubah secara dinamis, dan perubahan itu langsung dapat dimonitor secara otomatis melalui komputer yang tersambung dengan internet.

Kami membangun Dynamic Visual Network yang sangat dinamis dan selalu online via internet

Dynamic Visual Network yang sedang kami kembangkan ini berawal dari kebutuhan memonitor secara visual seluruh galangan kapal milik PT DKB yang cabangnya tersebar di Indonesia. Untuk semua objek yang bersifat dinamis, seperti kapal misalnya, harus dapat diedit dengan mudah secara manual oleh operator di lapangan, dan hasil dari editingnya harus dapat dimonitor secara otomatis oleh klien komputer lain yang tersambung dalam jaringan. Semua kapal yang ditampilkan, harus dapat memberikan informasi terkini mengenai progres pekerjaan, adminitrasi, masalah dan kendala di lapangan, dan lain-lainnya. Dan fungsi-fungsi lain yang dibutuhkan oleh perusahaan galangan kapal ini dikemudian hari dapat ditambahkan jika diinginkan (lihat gambar 4).


Gambar 4. Salah satu contoh aplikasi Dynamic Visual Network untuk memonitor Galangan Kapal atau Pelabuhan. Gambar sebelah kiri menggunakan data GIS yang kami buat secara sederhana, dan gambar sebelah kanan menggunakan photo udara. (screenshot kiri diperbesar) (screenshot kanan diperbesar)

Contoh penggunaan di pelabuhan (Visualisasi Pelabuhan)

Secara prinsip, kami berpikir ada 3 hal teknis yang perlu perhatian khusus bagi penyelenggara pelabuhan, yaitu:

  1. Kemampuan memantau secara visual dari mana saja dan kapan saja informasi posisi kapal & pergerakannya, layout pelabuhan dan informasi terkait lainnya dari seluruh terminal pelabuhan di Indonesia.
  2. Memfasilitasi pihak-pihak yang berkepentingan seperti manajemen, operator, Meneg BUMN, Kementrian Perhubungan, konsumen dan lainnya untuk men-sharing informasi itu sebagai bahan untuk dapat bertindak sesuai dengan peran & tugasnya masing-masing.
  3. Mengintegrasikan fungsi-fungsi itu (point 1 dan 2 diatas) ke sistem yang telah ada sebagai penyempurna. Jadi yang dimaksud adalah bukanlah fungsi yang berdiri sendiri, melainkan fungsi yang menyempurnakan dan terintegrasi dengan sistem yang sudah ada.



Gambar 5. Contoh tampilan Dynamic Visual Network yang diaplikasikan di Pelabuhan Internasional. (screenshot diperbesar)

Dengan Dynamic Visual Network yang diaplikasikan di pelabuhan, posisi-posisi kapal dan pergerakannya dapat dimonitor dan dikontrol dari mana saja dan kapan saja oleh operator di lapangan, juga oleh satpam atau polisi untuk jaminan keamanan, pemilik kapal untuk mengendalikan pengoperasian kapal, manajemen pelabuhan dan komisaris untuk pengendalian pelabuhan, atau bahkan Kementrian BUMN dan Kementerian Perhubungan dengan berbagai kepentingannya jika memang diperlukan. Jika Dynamic Visual Network ini diaplikasikan di seluruh pelabuhan-pelabuhan di Indonesia, pihak manajemen atau mungkin Kementrian Perhubungan dapat memonitor seluruh pelabuhan-pelabuhan itu dengan mudah melalui layar komputernya.



Gambar 6. Sebuah tampilan gambar dapat diakses dan diedit oleh banyak pengguna, dan satu pengguna dapat mengakses banyak gambar.

Mudah dalam pengoperasian

Gambar-gambar dari objek yang dinamis (misalnya kapal), posisinya dapat diedit secara manual dengan hanya menggunakan mouse (seperti layaknya mengubah posisi objek gambar pada Microsoft Power Point) seperti ditunjukkan gambar 7, dan perubahan itu bisa langsung dimonitor secara otomatis oleh user lain melalui komputernya yang tersambung dengan internet. Atau bahkan jika diinginkan, pergerakan kapal-kapal itu dapat dibuat menjadi otomatis dengan bantuan AIS (Automatic Identification System yang ter-install hampir disemua kapal).


Gambar 7. Mengedit Dynamic Visual Network secara manual dengan mouse seperti layaknya mengedit gambar di Microsoft Power Point.

 

our site hosting is http://www.000webhost.com/ ©2011 xSiA Systems