xSiA Systems

| |
Visualisasi Layout Galangan | Laporan Mingguan (Weekly Report) | Monitoring Antrian Truk
EIS | Dynamic Visual Network | GIS | Sistem Pergudangan | SA
Email | Alamat Sekretariat

Teknologi

small logo

SA (Situational Awareness)

SA (Situational Awareness) atau kesadaran akan situasi yang sedang terjadi adalah kemampuan memahami makna kejadian-kejadian di lingkungannya dalam suatu batasan waktu dan ruang tertentu, kemudian memproyeksikan apa yang diperkirakan akan terjadi dalam waktu dekat. Bagi pengguna, terutama para penentu kebijakan, kemampuan ini sangat penting karena kesadaran akan situasi yang sedang terjadi menentukan kualitas keputusan atau kebijakan yang akan diambilnya.

Saat ini kebanyakan riset yang diarahkan pada peningkatan kualitas SA menjadikan desain interface (antarmuka) sebagai tujuan utama. Diantara contoh-contohnya adalah pengembangan desain interface untuk konsep otomatisasi dan program pelatihan di berbagai bidang, termasuk pesawat terbang, pengendalian lalu lintas udara, pengendalian lalu lintas laut dan lalu lintas pelabuhan, pembangkit tenaga listrik, sistem manufaktur modern dan masih banyak lagi.

Memadukan GIS, EIS dan Dynamic Visual Network untuk membangun Sistem Situational Awareness

Kebanyakan sistem informasi yang dibangun di dalam negeri hanya diperuntukan sebagai alat bantu pengolah data dan manajemen informasi saja. Sekalipun sistem seperti ini sudah terbukti sangat membantu untuk operasional perusahaan, sistem komputer, sebagai alat bantu, akan jauh lebih bermanfaat jika bisa membuat operator atau pengguna menjadi lebih mengerti dan menyadari arti dan makna informasi yang disediakannya. Kami percaya bahwa perusahaan swasta, BUMN, instansi pemerintah dan institusi lainnya bisa lebih kuat lagi dengan pemanfaatan yang benar dan tepat teknologi informasi.

Usaha kami dalam pengembangan SA adalah dengan memadukan GIS (Geographic Information System), Dynamic Visual Network dan EIS (Enterprise Information System). GIS memberikan kita kemampuan melihat Gambaran Umum Situasi dengan lokasi geographis sebagai referensinya. Sedangkan Dynamic Visual Network adalah teknologi yang membuat semua objek yang dinamis dapat dimonitor secara real-time dan otomatis oleh seluruh klien komputer yang tersambung dalam suatu jaringan. Adapun EIS memfasilitasi penggunaan data secara bersama (data sharing) untuk seluruh informasi yang berhubungan dengan operasional perusahaan dan memberikan layanan integrasi dengan sistem lain sehingga berbagai informasi dari pihak-pihak yang terkait dapat dianalisa, digabungkan dan ditampilkan. Hasilnya adalah sebuah sistem unik yang memiliki kemampuan untuk menyediakan pengguna atau operator kesadaran akan situasi yang sedang terjadi jauh lebih baik lagi.

 

our site hosting is http://www.000webhost.com/ ©2011 xSiA Systems