xSiA Systems

| |
Visualisasi Layout Galangan | Laporan Mingguan (Weekly Report) | Monitoring Antrian Truk
EIS | Dynamic Visual Network | GIS | Sistem Pergudangan | SA
Email | Alamat Sekretariat

Teknologi

small logo

Enterprise Information System (Pusat Informasi Perusahaan)

Enterprise Information System EIS adalah sistem informasi yang berperan sebagai pusat informasi perusahaan, yang didesain agar dapat mengelola seluruh proses bisnis (fungsi-fungsi yang diperlukan oleh organisasi dalam menjalankan aktivitasnya) secara terintegrasi.

Arsitektur yang Fleksibel

Seperti sistem informasi modern lainnya, yang dituntut agar lebih fleksibel, EIS harus dapat berevolusi dan dapat dikembangkan sesuai kebutuhan pengguna, dapat ditambah dan dikurangi fungsi-fungsinya dengan biaya yang murah. Maka agar dapat memenuhi tuntutan tersebut, arsitektur EIS didesain secara modular. Secara umum arsitektur yang mudular ini dapat dibagi menjadi 3 layer, yaitu:
1) Presentation Layer
2) Business Layer
3) Data Layer
Dengan arsitektur modern seperti ini, memungkinkan sistem dicustomize agar benar benar sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Gambar 1. Sebuah contoh tampilan dari EIS PT DKB yang menampilkan informasi kondisi proyek dari cabang-cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. (screenshot diperbesar)

Gambar 2. Sebuah contoh tampilan dari EIS PT DKB yang menampilkan informasi kemajuan pekerjaan perbaikan kapal di galangan. (screenshot diperbesar)

Dibangun dengan konsep SOA

EIS ini mudah diintegrasi dengan sistem lain karena dibangun dengan menggunakan konsep SOA (Service Oriented Architecture atau Arsitektur Berorientasi Layanan). Dari pengalaman kami, fleksibilitas dari SOA ini telah memberikan banyak kemudahan, sebagai contoh ketika kami mengintegrasikan Visual Network dan EIS PT DKB di proyek pembangunan Monitoring System untuk Layout Galangan Kapal, seperti yang ditunjukkan pada gambar 3.



Gambar 3. Monitoring System untuk Layout Galangan Kapal. Informasi lengkap mengenai kapal, progress pekerjaannya, dan informasi lainnya ditampilkan disini adalah didapat dari Enterprise Information System PT DKB, yang dimungkinkan karena adanya integrasi antar sistem yang telah berfungsi dengan baik. (screenshot diperbesar)

Dapat dikembangkan menjadi "Information Grid" agar bisa menyediakan layanan yang jauh lebih baik

Karena mudahnya mengintegrasikan EIS, kita bisa membangun Information Grid, yaitu sistem dimana beberapa EIS saling terintegrasi dalam suatu network (lihat gambar 4). Information Grid akan memberikan sinergi yang jauh lebih baik, karena berbagai data dapat digabungkan, dianalisa, dipadukan, dan diproses sesuai kebutuhan sehingga akan dicapai layanan yang jauh lebih baik. Sebagai gambaran, misalnya salah satu EIS adalah milik BMKG yang menyediakan layanan informasi cuaca. EIS yang lain adalah milik Kepolisian yang melayani informasi lalu lintas. Maka kita bisa menggunakan kedua layanan ini untuk membangun EIS lain, misalnya sebuah EIS yang menyediakan layanan navigasi kendaraan dengan informasi mengenai alternatif jalan-jalan yang dapat diambil pada kondisi cuaca tertentu.


Gambar 4. Information Grid atau gabungan dari beberapa EIS agar menjadi system yang lebih besar.

our site hosting is http://www.000webhost.com/ ©2011 xSiA Systems