xSiA Systems

| |
Visualisasi Layout Galangan | Laporan Mingguan (Weekly Report) | Monitoring Antrian Truk
EIS | Dynamic Visual Network | GIS | Sistem Pergudangan | SA
Email | Alamat Sekretariat

Proyek

small logo

Online Monitoring System untuk Visualisasi Layout Galangan PT DKB

PT DKB (Dok & Perkapalan Kodja Bahari) adalah perusahaan galangan besar yang memiliki cabang dengan fasilitas-fasilitasnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Karena lokasinya yang tersebar di seluruh Indonesia, tentu saja akan memakan waktu, tenaga dan juga biaya untuk pengendalian dan pengawasan kondisi lokasi-lokasi tersebut.

Memonitor Layout Galangan di seluruh cabang yang tersebar di Indonesia.

Dengan sistem ini dapat diketahui secara visual posisi kapal, progres pekerjaan, dan statusnya di galangan, seperti masuk area perairan, naik ke galangan, turun dari galangan, dan keluar area perairan. Selain itu, informasi lain yang berhubungan dengan fasilitas galangan seperti jadwal naik turun galangan, kendala, kemajuan pekerjaan, dan lainnya dapat diketahui secara lengkap dan mudah. Tidak hanya itu, komunikasi antar pihak yang terkait melalui komentar dan tanggapannya dan penggunaan data bersama pun dapat dilakukan dengan mudah. Sehingga semua pihak yang terkait, baik pihak manajemen, penanggung jawab proyek, maupun pihak lain yang terkait dapat menggunakan semua informasi yang diperlukan. Dengan demikian semua pihak bisa bertindak sesuai dengan perannya masing-masing dan bisa diharapkan peningkatan sinergi lebih tinggi lagi.



Gambar 1a. Sebuah contoh tampilan Online Monitoring System untuk Visualisasi Layout Galangan yang menampilkan informasi secara visual Galangan IV PT DKB. (screenshot diperbesar)


Gambar 1b. Sebuah contoh tampilan lain. Gambar sebelah kiri menggunakan data GIS yang kami buat secara sederhana, dan gambar sebelah kanan menggunakan photo udara. (screenshot kiri diperbesar) (screenshot kanan diperbesar)

Manajemen PT DKB memberikan syarat yang harus dipenuhi dalam pembangunan sistem ini yaitu:

  1. Sistem yang akan dibangun harus mudah digunakan sekalipun oleh pengguna yang tidak terbiasa dengan komputer.
  2. Tidak memerlukan biaya pelatihan yang mahal dan sangat rumit sehingga akan sangat membebani pengguna.
  3. Tidak memerlukan infrastruktur yang mahal untuk mengoperasikannya.

Kami telah membuktikan kepada pihak manajemen bahwa sistem yang kami bangun bisa memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan. Misalnya untuk syarat 1) diatas, untuk pengoperasian secara manual, posisi gambar dari objek yang dinamis (misalnya kapal) dapat diedit hanya dengan menggunakan mouse (seperti layaknya mengubah posisi objek gambar pada Microsoft Power Point) seperti ditunjukkan gambar 2 di bawah ini, dan setiap perubahannya langsung dapat dimonitor secara otomatis oleh user lain melalui klien komputer yang tersambung dalam jaringan. Atau bahkan jika memang diperlukan, pergerakan kapal-kapal itu bisa dibuat otomatis dengan bantuan AIS (Automatic Identification System yang ter-install hampir disemua kapal).



Gambar 2. Merubah posisi objek yang dinamis seperti kapal-kapal dapat dilakukan secara manual dengan sangat mudahnya, yaitu dengan menggunakan mouse seperti layaknya mengedit pada Microsoft Power Point.

Sistem yang kami bangun juga tidak memerlukan biaya tinggi untuk pengoperasiannya. Sebagai contoh, data posisi dari gambar objek yang dinamis adalah sangat kecil (karena yang kami gunakan adalah data vektor dan bukan data raster image), sehingga aliran data yang melalui jaringan pun kecil dan tidak mewajibkan adanya broadband (pita lebar), sekalipun tentu saja dengan broadband akan lebih baik lagi. Dan lagi karena data-datanya telah dioptimasikan, prosesnya tidak memerlukan CPU berkekuatan tinggi (high powered cpu), sehingga komputer servernya tidak perlu yang besar dan mahal seperti kebanyakan sistem-sistem lain yang banyak menggunakan gambar.

our site hosting is http://www.000webhost.com/ ©2011 xSiA Systems