xSiA Systems

| |
Visualisasi Layout Galangan | Laporan Mingguan (Weekly Report) | Monitoring Antrian Truk
EIS | Dynamic Visual Network | GIS | Sistem Pergudangan | SA
Email | Alamat Sekretariat

Proyek

small logo

Memonitor Secara Otomatis Panjang Antrian Truk yang memasuki Pelabuhan Merak

Dari pertemuan resmi kami di kantor pusat PT ASDP Indonesia Ferry pada awal bulan April 2011, diketahui bahwa, selain memonitor secara visual pergerakan kapal antara pelabuhan Merak dan Bakauheni, PT ASDP Indonesia Ferry juga perlu memantau antrian truk yang akan memasuki pelabuhan Merak. Kami mencoba mencari solusinya yaitu dengan memulai penelitian atau riset untuk membangun sistem yang secara visual, real time dan otomatis dapat membantu pemantauan antrian truk. Berikut ini adalah metode penghitungan secara otomatis antrian truk yang kami usulkan agar dapat membantu PT ASDP dalam mengendalikan operasional pelabuhan.

Menambahkan Fungsi Monitoring Antrian Truk pada Sistem Visualisasi Pelabuhan

Sistem Visualisasi Pelabuhan atau Online Visual Monitoring and Information Sharing System telah kami usulkan sebagai solusi untuk pengendalian operasional lapangan, diharapkan dapat membantu memonitor pergerakan kapal secara visual dan real time antara Pelabuhan Merak dan Bakauheni, agar informasi seperti kesiapan kapal, keberadaan kapal dan perkiraan kedatangan kapal dapat diketahui dengan cepat dan tepat. Sehingga akan mempermudah pengendalian operasional kapal dan pelabuhan secara terintegrasi dengan lebih baik lagi.

Akan tetapi, sistem ini dirasa belum cukup karena permasalahan yang paling mendesak saat ini adalah antrian truk yang terjadi di Pelabuhan Merak. Perlu adanya sistem yang secara otomatis dan real time dapat memberikan informasi panjang antrian truk kepada semua pihak terkait, terutama penentu kebijakan agar keputusan yang diambil lebih cepat, benar dan tepat.

Oleh sebab itu, kami memulai penelitian untuk menambahkan fungsi itu pada sistem yang sedang kami usulkan. Secara prinsip kami mengusulkan digunakannya Radar Darat ke Darat yang didukung perangkat lunak untuk mengolah gambar yang dihasilkan radar tersebut. Kami sangat yakin bahwa penggunaan Radar Darat ke Darat ini jauh lebih murah, efektif, dan akurat jika dibandingkan dengan penggunaan sistem berbasis Satelit.



Gambar 1. Contoh output image dari Radar Darat ke Darat.

Adapun perangkat lunak itu dapat kami bangun dengan fungsi utamanya adalah:

  1. Image Processing
  2. Penghitungan panjang antrian secara otomatis dengan GIS (Geographic Information System)

Berikut ini adalah gambar bagan metode penghitungan panjang antrian truk secara otomatis, real time, dan jika digabungkan dengan Sistem Visualisasi Pelabuhan, panjang antrian truk dapat dipantau secara visual.



Gambar 2. Bagan Metode penghitungan dengan menggunakan gambar dari Radar Darat ke Darat.

Berikut ini adalah gambaran numerical experiment yang kami lakukan untuk menjelaskan proses penghitungan antrian truk dengan asumsi data radar sudah didapat. Numerical experiment ini adalah untuk memastikan perangkat lunak yang akan kami kembangkan dapat berjalan dengan benar, real time dan otomatis sesuai dengan yang diharapkan.

  1. Polygonize Data Radar
    Perlu adanya polygon yang meng-cover seluruh titik-titik data radar (pixels dari hasil proses image processing). Cara yang paling sederhana adalah dengan Convex Hull, sekalipun bentuk polygon yang dihasilkan metode ini kurang akurat tetapi ini tidak menjadi masalah (karena yang penting panjangnya dan bukan bentuknya).
  2. Penggabungan Peta dan Data Radar (Overlay)
    Data Peta (data-data jalan dan garis tengah jalan) dan Poligon Data Radar digabungkan (overlay), yaitu dengan menyesuaikan skala dan posisinya secara tepat.
  3. Menghitung Panjang Irisan
    Setelah digabungkannya (overlay) Peta dan Data Radar, kemudian dihitung (dengan fungsi GIS) irisan antara Garis Tengah Jalan dan Polygon Data Radar. Hasilnya adalah garis yang mewakili antrian kendaraan. Garis Irisan ini dan panjangnya adalah informasi antrian kendaraan yang kita inginkan.


Gambar 3. Proses penghitungan dengan fungsi-fungsi GIS. Ini adalah gambar numerical experiment yang kami lakukan untuk memastikan bahwa perangkat lunak yang akan kami kembangkan dapat berjalan dengan benar.

 

our site hosting is http://www.000webhost.com/ ©2011 xSiA Systems